Space for Ad

Uncomplicated Firewall pada Slackware KDE Desktop Environment


Bagi anda yang menggunakan distro Linux Ubuntu dan Debian atau sejenisnya pasti akrab dengan software firewall UFW karena penggunaannya yang simple, praktis serta tidak membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai iptables.
Walau Linux terkenal dengan keamanan dan prosentase kebal virus yang tinggi, bukan berarti operating system-nya kebal akan serangan dari luar. Untuk itulah firewall dibutuhkan dan distro-distro Linux sendiri sebenarnya telah dilengkapi dengan fitur iptables untuk mengatur port-port dan network interfaces mana yang perlu ditutup dan digunakan dalam jaringan. Namun, bagi banyak orang awam seperti saya mengalami kesulitan dalam mempelajari iptables tersebut selain pertimbangan pragmatis.
Pada ulasan kali ini saya menggunakan distro Slackware 14.1 64 bit atau yang sering disebut Slackware64 dengan desktop environment KDE.
Pertama-tama tentu kita harus download dan compile software UFW dari slackbuilds.org. Bagi yang sudah akrab dengan Slackware pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam meng-compile binary source menggunakan slackbuild. Kemudian setelah kita installpkg sebagai root jangan bingung jika kita tidak menemukan perintah ufw. Kadang perintah shell dalam Slackware harus diketikkan full path. Jika kita mengetikkan perintah dalam Slackware namun tidak ada respon bukan berarti didalam instalasi Slackware itu belum terinstal paket softwarenya seperti halnya perintah lspci. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencari pada path manakah ufw tersebut berjalan dengan mengetikkan:

$whereis ufw

Setelah mendapatkan lokasi full path kita tinggal menggunakannya sesuai dengan apa yang kita inginkan dari instalasi firewall_dengan memblok port-port yang rawan. Untuk menambahkan rule pada ufw kita perlu menggunakan hak akses root, misal sudo /usr/sbin/ufw deny 23, dsb. Setelah kita menambahkan rule untuk membuat ufw berjalan pada start up tinggal jalankan sudo /usr/sbin/ufw enable atau sesuai dengan path instalasi ufw yang anda temukan pada komputer anda. Selalu diingat bahwa anda membaca README pada slackbuild agar software berjalan dan terinstal sebagaimana mestinya. 


Pada distro Ubuntu dan Debian dengan desktop environment gnome, xfce, atau pun openbox untuk lebih memudahkan telah ada GUI ufw atau gufw yang pada dasarnya hanya memberikan unsur grafikal saja. Pada desktop environment KDE juga telah ada kcm_ufw (KDE control center module) yang jika anda juga menginstalnya pada desktop KDE anda maka anda dapat menemukannya pada system settings>firewall. Kcm_ufw dapat ditemukan pada slackbuilds.org.


Uncomplicated Firewall pada Slackware KDE Desktop Environment Uncomplicated Firewall pada Slackware KDE Desktop Environment Reviewed by Unknown on 12.27 Rating: 5